(Tips rahasia) Cara membuat layout screen menjadi Right to left di android


Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sebuah settingan rahasia di smartphone android yaitu membuat layout screen menjadi Right to left di android. Secara default layout screen pada android adalah left to right, karena ini akan memudahkan pengguna yang kebanyakan memulai membaca dari sebelah kiri. Akan tetapi jika kalian adalah orang yang kidal, tidak ada salahnya untuk mencoba tips yang saya bagikan ini.

Jika kalian tertarik silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama kita perlu masuk “Pilihan Pengembang”, jika kalian tidak bisa masuk, kita perlu mengaktifkannya. Untuk mengaktifkan “Pilihan Pengembang”, buka menu “ Pengaturan” dan selanjutnya sentuh “Tentang Perangkat” yang berada dipaling bawah.


Selanjutnya scroll kebawah dan sentuh “Nomor Versi” tujuh kali secara berturut-turut, kemudian akan muncul pemberitahuan bahwa kamu adalah pengembang. Dengan begini kamu sudah bisa masuk ke “Pilihan Pengembang”.


Selanjutnya kembali ke menu “Pengaturan”. Diatas “Tentang Perangkat”, kalian akan melihat “Pilihan Pengembang”, sentuh itu untuk membukanya.


Kemudian scroll kebawah dan cari “Gunakan tata letak RTL”, jika sudah ketemu, enable itu.



NOTE: saya menggunakan android versi 5.1 (Lollipop)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengganti bahasa di Microsoft word 2016

Cara menambahkan page border di Microsoft word 2016

Cara membuat A4 sebagai ukuran kertas default di Microsoft Word